Pages

Senin, 16 Januari 2012

Tentang Kubik

The Rubik's Cube adalah sebuah 3-D teka-teki mekanik ditemukan pada tahun 1974 dari Hungaria pemahat dan profesor arsitektur Erno Rubik pada tahun 1974. Permainan puzzle ini mencapai puncak popularitasnya di awalawal tahun 1980an. Bahkan sempat dikatakan bahwa pada masa tersebut rata-rata setiap rumah di Amerika Serikat mempunyai sedikitnya satu buah permainan puzzle ini. Sampai detik ini diperkirakan telah lebih dari 100.000.000 Kubus Rubik terjual di seluruh dunia.
Permainan ini diklaim dapat meningkatkan ketajaman kecerdasan visual spasial dan daya nalar, sehingga tak heran banyak orang kecanduan memainkannya.
Sebuah Kubus Rubik mempunyai 43,252,003,274,489,856,000 atau sekitar 43 quintillion (miliar miliar) kombinasi posisi yang memungkinkan, walaupun seringkali hanya disebutkan mempunyai “jutaan” kemungkinan, yang disebabkan betapa besarnya angka-angka tersebut. Namun meskipun mempunyai kemungkinan posisi yang teramat sangat banyak, Kubus Rubik dapat diselesaikan dalam rata-rata 56 gerakan/putaran saja, bahkan bisa kurang dari itu.
 inilah si penemu rubik Erno Rubik


Dalam Kubus Rubik klasik, masing-masing dari enam wajah ditutupi oleh 9 stiker, di antara enam padat warna (biasanya putih, merah, biru, oranye, hijau, dan kuning). Sebuah mekanisme poros memungkinkan setiap wajah untuk berpaling secara mandiri, demikian mencampur warna. Untuk teka-teki yang harus dipecahkan, setiap wajah harus warna yang solid. Teki serupa kini telah diproduksi dengan berbagai jumlah stiker, tidak semua dari mereka oleh Rubik. Asli 3 × 3 × 3 versi merayakan dua puluh lima tahun pada tahun 2005.

Pada Mei 2007, Thibaut Jacquinot dari Perancis menjadi orang pertama yang menyelesaikan Cube di bawah 10 detik dalam persaingan terbuka, menetapkan waktu rekor dunia 9,86 detik. Saat ini rekor dunia untuk memecahkan satu ditetapkan oleh Erik Akkersdijk pada 2008 Ceko Buka
dengan waktu 7,08 detik.

Cubing Kejuaraan Kecepatan diadakan di Budapest pada Oktober 2007 dan dihadiri oleh Ernő Rubik sendiri.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar